A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

LATAR BELAKANG

LATAR BELAKANG

Senin, 13 Mei 2019 11:30:53 admin dinkes

 

LATAR BELAKANG

Dalam rangka melaksanakan tugas pokok, Dinas Kesehatan mempunyai fungsi membantu bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatanyang meliputi kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan, serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten

Profil Kesehatan Kabupaten Aceh Barat  adalah gambaran situasi kesehatan di Kabupaten Aceh Barat  yang diterbitkan setiap tahun sekali. Ketersediaan data dan infomasi dalam hal ini Data Profil Kesehatan Kabupaten Aceh Barat  dapat dijadikan pedoman untuk Perencanaan Pembangunan Program Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, dimana data profil tersebut memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi kesehatan masyarakat yang meliputi keadaan geografis wilayah dan keadaan kependudukan, derajat kesehatan masyarakat, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan dan faktor-faktor terkait lainnya yang dapat dijadikan sarana prasarana penunjang dan pembantu bagi para perencana, baik dari kalangan pemerintah, swasta dan masyarakat pada umumnya dalam berpartisipasi mewujudkan Indonesia Sehat dan masyarakat Kabupaten Aceh Barat yang sehat, berkualitas, berdaya saing, maju dan sejahtera.

     Kabupaten Aceh Barat terletak pada Geografis 040 06’-040 47’ Lintang Utara dan 950 52’-960 30’ Bujur Timur dengan ketinggian antara 0-150 meter diatas permukaan laut dan luas wilayah 2.927.95 Km2 (292.795 Hektar).

Secara administratif Kabupaten Aceh Barat berbatasan dengan wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Jaya dan Pidie
  • Sebelah Timur berbatasan dengan  Nagan Raya dan Aceh Tengah
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Kabupaten Nagan Raya,
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia

 Kabupaten Aceh Barat Beribu kota Meulaboh yang terdiri dari 12 Kecamatan dan 322 desa/gampong.

A. KEADAAN PENDUDUK

 Jumlah penduduk Aceh Barat tahun 2018 sebesar  205.971 jiwa, yang terdiri dari laki-laki  104.504  jiwa dan perempuan 101.467 jiwa. Jumlah penduduk terendah berada di Kecamatan Sungai Mas sebesar 4.028 jiwa, sementara  Kabupaten dengan jumlah penduduk tertinggi adalah Kecamatan Johan Pahlawan  sebesar 66.519 jiwa.

Adapun jumlah rumah tangga yang tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat sebanyak 49.983 dengan rata-rata hunian sebanyak 4 orang anggota keluarga dalam satu rumah.

Rata-rata tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Aceh Barat menurut kecamatan pada Tahun 2018 adalah 70 orang per kilometer persegi. Daerah yang paling tinggi tingkat kepadatannya adalah Kecamatan Johan Pahlawan, yaitu 1.452 orang per kilometer persegi, sedangkan yang terendah Kecamatan Sungai Mas yaitu 5  orang per kilometer persegi.

Kepadatan penduduk dipengaruhi oleh besarnya wilayah pada masing-masing kecamatan, kepadatan penduduk dari sektor kesehatan merupakan indikator dalam melihat beberapa kondisi kesehatan yang akan muncul terutama kondisi kesehatan lingkungan yang berkaitan dengan ketersediaan air, sistem pembuangan air limbah dan sampah keluarga.

B. RASIO BEBAN TANGGUNGAN.

          Rasio Beban Tanggungan adalah Perbandingan antara banyaknya orang yang belum produktif (usia kurang dari 15 tahun) dan tidak produktif lagi (usia 65 tahun ke atas) dengan banyaknya orang yang termasuk usia produktif (usia 15-64 tahun).

      Penduduk laki-laki Kabupaten Aceh Barat sebanyak 104.504 jiwa dan perempuan 101.467 jiwa, dengan seks rasio 102,99 berarti terdapat 102,99 laki-laki untuk setiap 102,99 perempuan.