A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

SUSUNAN ORGANISASI DINAS KESEHATAN ACEH BARAT

SUSUNAN ORGANISASI DINAS KESEHATAN ACEH BARAT

Senin, 06 Mei 2019 14:00:26 Author

Susunan organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat

1

Kepala Dinas

 

2

Sekretariat

: Subbagian Program Informasi dan Humas;

: Subbagian Keuangan kepegawaian dan umum;

3

Bidang Kesehatan Masyarakat,

: Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat;

: Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat; dan

: Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga

4

Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

: Seksi Surveilans dan Imunisasi;

: Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular; dan

: Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

5

Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan

: Seksi Pelayanan Kesehatan;

: Seksi Kefarmasian, Alkes dan PKRT; dan

: Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan.

6

Kelompok Jabatan Fungsional; dan

 

7

UPTD

 

 

Beberapa fungsi Dinas Kesehatan adalah sebagai berikut :

1

2

3

4

 

5

 

6

7

Perumusan kebijakan teknik sesuai dengan lingkup tugasnya;

Perizinan dan pelaksanaan pelayanan umum;

Pengkoordinasian penyusunan perencanaan pembangunan bidang kesehatan;

Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang perencanaan penbangunan kesehatan daerah dan daerah terpencil dan tertinggal;

Pelaksanaan pelayanan umum bidang perencanaan kesehatan kabupaten dan membantu tugas umum Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan kewenangan yang di berikan;

Pembinaan UPTD dalam lingkup Kesehatan; dan

Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lainnya yang di berikan Bupati dan Wakil bupati sesuai dengan bidang tugas dan funsinya

 

 

Kepala Dinas KesehatanMempunyai tugas membantu Bupati dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang kesehatan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah

Sekretariat mempunyai tugas Melaksanakan pelayanan administratif, koordinasi, pembinaan, pemantauan dan pengendalian ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, perlengkapan dan kerumah tanggan

Subbagian Program, Informasi dan Humas mempunyai tugas pelaksanaan penyiapan dan koordinasi penyusunan rumusan progran dan informasi, serta penatalaksanaan hubungan masyarakat yang menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan

Subbagian Keuangan, Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas melaksanakan administrasi keuangan, kepegawaian, ketatausahaan, kerumahtanggaan dan pengelolaan aset.

Bidang Kesehatan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kesehatan keluarga, gizi masyarakat, promosi kesehatan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olah raga.

Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang kesehatan keluarga dan gizi masyarakat.

Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang promosi dan pemberdayaan masyarakat.

Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan

Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang surveilans dan imunisasi, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa.

Seksi Surveilans dan Imunisasi mempunyai tugaserumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang surveilans dan imunisasi.

Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mempunyai  tugas Melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugasmelaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan termasuk peningkatan mutunya, pelayanan kesehatan tradisional, kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT serta sumber daya manusia kesehatan.

Seksi Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, pemantauan, evaluasi dan pelaporan serta peningkatan mutu fasyankes di bidang pelayanan kesehatan primer dan pelayanan kesehatan rujukan serta pelayanan kesehatan tradisional.

Seksi Kefarmasian, Alkes dan PKRT mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan kefarmasian, alat kesehatan dan PKRT.

Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatanmempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang sumber daya manusia kesehatan.

Kelompok Jabatan Fungsional tugas dan fungsinya antara lain :

  1. Kelompok Jabatan Fungsional merupakan sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagai kelompok sesuai bidang keahliannya.
  2.  Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan tugas fungsional tertentu sesuai dengan keahlian dan keterampilan